[ Tanda Kiamat ] Hadits ke 42. SEPULUH TANDA-TANDA KIAMAT YANG BESAR



artinya:
Dari Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: “Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari qiamat”. Lalu Nabi saw. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”.

H.R Muslimi

Keterangan

Sepuluh tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. dalam hadis ini adalah tanda-tanda qiamat yang besar-besar, akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. Sepuluh tanda itu ialah:

  1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.
  2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan meragut keimanan, hinggakan ramai orang yang akan terpedaya dengan seruannya.
  3. Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.
  4. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa.
  5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal.
  6. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerosakan dipermukaan bumi ini, iaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.
  7. Gempa bumi di Timur.
  8. Gempa bumi di Barat.
  9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.
  10. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman.

Mengikut pendapat Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari beliau mengatakan: “Apa yang dapat dirajihkan (pendapat yang terpilih) dari himpunan hadis-hadis Rasulullah Saw. bahawa keluarnya Dajal adalah yang mendahului segala petanda-petanda besar yang mengakibatkan perubahan besar yang berlaku dipermukaan bumi ini. Keadaan itu akan disudahi dengan kematian Nabi Isa alaihissalam (setelah belian turun dari langit). Kemudian terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya adalah permulaan tanda-tanda qiamat yang besar yang akan merosakkan sistem alam cakerawala yang mana kejadian ini akan disudahi dengan terjadinya peristiwa qiamat yang dahsyat itu. Barangkali keluarnya binatang yang disebutkan itu adalah terjadi di hari yang matahari pada waktu itu terbit dari tempat tenggelamnya”.

<< KEMBALI KE MUQODDIMAH ( Sebaiknya Dibaca Dahulu )

About these ads

25 Tanggapan

  1. udahlah percepat aja kiamat ya alloh gue udah strees ama kegilaan dunia dunia harus berakhir secepatnya

    • Kiamat itu pasti,…kita tak usah mengharapkannya,..kewajiban kita kudu tetep optimis semangat beramal untuk bekal menghadapinya mumpung masih hidup,..

      terima kasih atas kunjungannya ya …

    • gila luu…emg lu udah siap dengan segalanya..?? ngomong di pikir gan…jgn asal keluar aja kayak kentut situ

    • siap gak siap jika sudah waktunya ya harus siap ….

    • Ass Wr. Wb,
      dimana letak keimanan anda sampai anda mengatakan hal demikan pada Allah, apakah anda tidak percaya bahwa Allah bersama orang2 yang sabar, Sesungguhnya seberapa besar stress anda masih ada orang lain yang mengalami hal lebih berat daripada anda. Sesungguhnya cobaan itu akan selalu mengiringi bagi orang yang mengerti.

      Ws. Wr. Wb

    • apa sih maksudnya ?

    • wahai saudaraku Agos Song, saya hanya prihatin dengan komentar saudaraku Heru yang mengatakan ” udahlah percepat aja kiamat ya alloh gue udah strees ama kegilaan dunia dunia harus berakhir secepatnya.” bukankah sebagai orang yang beriman kita harus meyakini bahwa hari kiamat itu sudah ditentukan oleh Allah, dan kita tidak perlu mengatakan hal yang tidak perlu, maaf bila kata-kata saya kurang berkenan, semoga Allah merahmati kita semua, Amin

    • ya kita minta jangan dipercepat mungkin saudara Heru dah siap ya gak papa

    • ahahaha…… jangan minta dpercepat.
      bertobat dlu,bru minta kiamatny dpercepat…

  2. artikelnya baggus..:)
    akku setujju sm sarrannya..
    .
    makkasihh.. :)

  3. blm terlalu detail ttg hari kiamatnya . tolong lbh jelas lg ..

  4. Mudah2an saya mati beriman khusnul khotimah
    Amiiiin :-)

  5. muadah kita mati dalam keadaan khusnul khatima n mendapat tempat yg layak di akhirat

  6. ya allah ,, hambamu ini mohon jangan kiamat dulu ,q mash ingin cari amal yg banyak .mau taubat psti ad godaanya.

  7. ya ALLAH,mmng hnya kmu lah yg tw kpn KIAMAT itu akn trjdi,jka kmu mngznkan,jgn lah dlu KIAMAT,

  8. hmba ingin TAUBAT dhlu sblum hri KIAMAT MENDATANG.

  9. Ya Allah jika suatu saat akan datangny kiamat..
    Maka berilah kami (klrg hamba..anak2 hamba..keturunn hamba..saudara2 hamba) hidayah Mu..Rahmat Mu..dan matikanlah kami disaat beriman kpd Mu..sblm dtngny hari kiamat..
    Amiiinn..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: