DANAU MANINJAU,TANJUNG RAYA,AGAM,SUMATRA BARAT,INDONESIA via Google Maps


Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel(Maninjau Indah Hotel, Pasir Panjang Permai) serta penginapan dan restoran.

Sumber Tulisan : Wikipedia.

Mode Peta :

Gambar Medan :

Petunjuk Penggunaan :

+ = Zoom In
– = Zoom Out
^ = Geser ke atas
v = Geser ke Bawah
> = Geser ke Samping Kanan
< = Geser ke Samping Kiri
atau Klik kiri pada gambar,tahan…., geser ke arah yang diinginkan.

<< KEMBALI KE DAFTAR DANAU INDAH dan [..]

About these ads

9 Tanggapan

  1. [...] GAMBAR FOTO PEMANDANGAN PANORAMA DANAU MANINJAU,TANJUNG RAYA,AGAM,SUMATRA BARAT,INDONESIA via Google… [...]

  2. Luas dan indah banget danau maninjau ini.

  3. katanya di agam ada desa berbahasa inggris serupa kaya di pare kediri. bener gak? makasih

  4. saya pernah makan siang diatas danau maninjau bersama pak firsal S.Pd. subhanalloh…….benar-benar pemandangan yang begitu istimewa. tiada kata yang patut dan layak terucap kecuali kalimah ‘subhanalloh,’

    • Begitulah indahnya ciptaan Sang Pencipta itu baru ciptaannya belum nanti jika kita diizinkan memndang wajahNya tentu tak ada yang dapat menyamai keindahanNya.

  5. indah banget danau maninjau

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: