KETIKA MAUT MENJEMPUT


Wahab bin Munabbih rah.a. Berkata,”Seorang raja ingin bepergian untuk melihat seluruh wilayah kerajaannya dan meminta agar dibawakan pakaian yang bagus.Lalu dibawakanlah pakaian yang bagus.Namun,karena pakaian itu tidak disukainya,maka ia menyuruh agar ditukar dan dibawakan pakaian yang lebih bagus.Namun setelah ditukar,ternyata ia masih tidak menyukainya.Maka pakaian itu disuruh ditukar lagi,sehingga terpilihlah satu pakaian yang menurutnya paling bagus.Selain itu,ia juga meminta agar dibawakan kendaraan yang terbaik.Maka dibawakanlah kuda yang terkuat dan terindah,tetapi raja itu tidak suka.Setelah berkali-kali kuda itu diganti,maka terpilihlah seekor kùda yang paling indah dan paling kuat untuk ditunggangi.

Syaitan yang terlaknat melihat peluang besar untùk meniupkan kesombongan kepada raja itu,dan raja menunggang kuda dengan penuh kesombögan.Para pelayan,para tentara,dan para petugas mengiringinya dalam barisan yang panjang.Karena kesombongannya,ia tidak mempedulikan siapa pun dalam barisan itu.Di perjalanan,tampaklah sesèorang berpakaian buruk lagi hina.Ia memberi salam kepada raja,tetapi raja tidak memperdulikan dan membalas salamnya.Lalu ketika orang itu memegang tali kudanya,raja itu menghardiknya,”Lepaskan tali kudaku,kurang ajar kamu,berani sekali kamu memegang tali kudaku.”

Ia menjawab,”ada sesuatu yang penting yang perlu aku sampaikan kepadamu.”Raja berkata,”tunggulah,jika aku telah turun dari kudaku, katakan apa keperluamu”.

Orang itu berkata,”tidak, aku harus mengatakannya sekarang,”Lalu dengan kuat ia menarik kuda itu dan merampasnya dari tangan raja,dan raja pun tidak berdaya,lalu ia berkata,”baiklah,katakanlah sekarang”.Orang itu berkata,”pesan ini sangat rahasia dan harus disampaikan langsung ke telingamu,maka raja mendekatkan telinganya,lalu orang itu berbisik,”Akulah malaikat maut,sekarang aku akan mencabut nyawamu”.

Mendengar perkataan itu muka raja menjadi pucat,lidahnya hampir keluar dari mulutnya,dan raja meminta,”Berikan aku sedikit waktu untuk pulang ke istana agar dapat mengurus hartaku dan berjumpa dengan keluargaku.”Malaikat maut menjawb,”Tidak ada waktu samasekali,mulai sekarang kamu tidak akan melihat harta dan keluargamu.”Sambil berkata demikian makaikat maut mencabut ruh raja itu,sehingga raja jatuh dari kudanya seperti sebatang kayu yang tumbang.

Kemudian malaikat maut pun pergi kepada seorang muslim yang shalih,ketka ia pergi ke suatu tempat, malaikat maut memberi salam untuknya,dan ia menjawab,”Wa’alaikùmsalam”.

Malaikat maut berkata,”Aku akan menyampaikan sesuatu di telingamu,”Orang shalih itu berkata, “Silahkan.”

Lalu malaikat berbisik,”Aku adalah malaikat maut.”

Mendengar itu,orang shalih tersebut bergembira lalu berkata,”Sungguh baik kedatanganmu,dari sekian banyak hamba Allah, engkaulah yang aku tunggu.Aku rindu untuk berjumpa denganmu.”

Malaikat berkata,”segeralah menyelesaikan urusanmu.”

Orang shalih itu berkata,”Tidak ada lagi urusan yang paling aku sukai selain berjumpa dengan Alloh subhanahu Wata’ala.”

Malaikat pun berkata,”Aku ingin mencabut nyawamu dalam keadaan yang kamu sukai untuk dirimu sendiri.”

Orang shalih itu menjawab,”terserah engkau.Namun demikian,aku ingin mengambil wudhu untuk sholat,lalu aku ingin mati dalam keadaan sujud kepada Alloh subhanahu wata’ala.”Maka mulailah ia mengambil wudhu dan mengerjakan sholat,dan nyawanya dicabut ketika dalam keadaan sujud.(Ihya’)

8 Tanggapan

  1. Iyayayayaya… Mati itu begitu indah. Membuat kita merasa semua yang ada jadi tiada kecuali Yang Maha Ada.
    Tuhan,, kumohon jangan Kau cabut nyawaku sebelum aku bisa mati 7x dan menemuiMu 7x. Semoga Kau berkenan..
    Amiiin..

    Kata Jibril, malaikat yang paling mudah kerjaannya ya pencabut nyawa itu…
    “Pekerjaan gampang itu. Kerjanya anak-anak” tegasnya.

  2. Subahanallah…

    Maha Suci Allah yang menganugerahkan hidayah serta inayah-Nya kepada hamba yang bertakwa..

    Semoga saya termasuk dalam golongan orang2 mukmin yang dirahmati Allah SWT….Aamiinn…..

  3. inspiring🙂

    ceritanya indah dan membawa pelajaran berharga.
    semoga kita dapat mencapai khusnul khotimah
    selamat di dunia dan akhirat
    amiiiinnn …

  4. ijin share ya buat temen n kluarga

  5. @om agos song…..sumpah setelah membaca semua yg ada dalam situs milik anda say merasakan sesuatu yg berbeda…mungkin kah ini hidayah NYA..???senang sekali nampak nya jika saya bisa bertemu dengan anda🙂

  6. subhanallah….
    Sungguh Engkau Maha Segala-Nya

Tinggalkan Balasan

