BOM BUNUH DIRI : Jihad ataukah Terorisme ?


Kata Teroris biasanya ditujukan bagi mereka yang menebar kejahatan di muka bumi,jadi teroris adalah orang yang berbuat kejahatan atau orang jahat.

Perbuatan jahat itu banyak macamnya,contoh merampok,mencuri,
menipu,termasuk juga membunuh.
Membunuh manusia tanpa alasan yang dibenarkan termasuk perbuatan jahat.Orang yang melakukannya dinamakan orang jahat.

Di Indonesia sering kita dengar tentang aksi terorisme yang berupa aksi peledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh sekelompok orang yang biasanya mengatasnamakan agama yang mereka sebut dengan jihad.Mereka biasanya meledakkan diri mereka di tempat- tempat umum seperti hotel, cafe, restaurant dan lain sebagainya yang di dalamnya terdapat banyak orang umum terutama warga asing.

Target mereka adalah warga asing terutama warga amerika dan sekutunya, yang menurut mereka sebagai musuh mereka.Mereka menyerang warga asing tersebut sebagai bentuk balas dendam dan perang mereka terhadap orang kafir yang menyerang dan membantai kaum muslimin di dunia, terutama di afganistan dan palestina.

Pertanyaannya apakah tindakan tersebut dapat dibenarkan ?Bagaimana dalam pandangan Islam ?

Sesungguhnya Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk berbuat kebaikan dan kebajikan,Islam mengajarkan keadilan bukan kezaliman.Jihad (perang) dalam Islam ada adab-adab dan tatacaranya tidak boleh sembarangan dan serampangan.Islam mengajarkan siapa saja yang boleh dibunuh dan siapa saja yang tidak boleh dibunuh berdasarkan syariat yang telah diajarkan oleh Alloh swt.Islam tidak membolehkan membunuh warga sipil yang tidak bersalah termasuk wanita dan anak-anak yang tidak berdosa.Islam menjunjung prinsip keadilan dan hak-hak kemanusiaan.

Sekarang mari kita bandingkan dengan aksi bom bunuh diri yang ada di Indonesia,korban yang berjatuhan akibat dari bom bunuh diri ini justru dari kalangan warga sipil yang tidak tahu menahu karena sebab apa mereka dibunuh,wanita dan juga anak-anak yang tidak dibolehkan untuk dibunuh.Bahkan ada juga korban dari saudara sesama muslim sendiri yang justru haram untuk diganggu darahnya,hartanya dan kehormatannya.

Perbuatan bom bunuh diri ini sangat bertolak belakang dengan jihad yang diajarkan dalam Islam,ia murni perbuatan jahat, yaitu berupa pembunuhan dan pembantaian.Tidak ada musuh yang terbunuh dari aksi ini,yang terbunuh justru orang- orang sipil yang tidak tahu karena salah apa mereka dibunuh.Ini adalah kejahatan,mereka bukan sedang berjihad mereka sedang membunuh manusia yang tidak seharusnya dibunuh.Mereka mengira mereka sedang berjihad, padahal mereka sedang membantai manusia, ini tipudaya syaitan dan hawa nafsu.Apa bedanya mereka dengan para teroris-teroris tulen seperti tentara-tentara kafir yang membunuh dan membantai warga sipil,wanita,anak-anak,dan bayi yang tidak berdosa sebagaimana yang kita saksikan ketika tentara Israel menyerang warga sipil dan kaum muslimin di palestina ? Mereka sama saja tingkah lakunya dengan tentara kafir tersebut yaitu pembantai warga sipil,wanita dan anak-anak.Mengapa mereka malah meniru gaya perangnya orang kufar yang menghalalkan segala cara ? Gaya perang orang beriman itu berbeda dengan gaya perang orang kafir,orang beriman itu punya adab-adab dan tatacara dalam berperang atau berjihad, berbeda dengan orang kafir yang tidak punya adab-adab dan tatacara dan cenderung memakai hawanafsu dan menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuannya.Orang beriman itu punya tuntunan dalam segala aktivitas hidupnya termasuk dalam berjihad.

Untuk itu marilah hentikan aksi-aksi bom bunuh diri yang sangat merugikan bagi diri sendiri,orang lain dan agama.Sebagaimana kita ketahui membunuh manusia tidak bersalah merupakan dosa besar, ditambah lagi dosa membunuh wanita dan anak-anak, ditambah lagi dosa membunuh diri sendiri, ditambah lagi dosa membunuh manusia dengan mengatasnamakan agama dengan meminjam ayat-ayat Alloh untuk pembenaran perbuatan dosa yang mereka perbuat.

Jika ingin berjihad,berjihadlah sesuai syariat yang telah Alloh swt ajarkan,siapa yang harus dibunuh dan siapa yang tidak boleh dibunuh sudah ditetapkan oleh Alloh swt, itulah jalan yang lurus.

Allohlah Tuhan pencipta dan pemilik seluruh manusia baik yang beriman maupun yang kafir, jadi Dialah yang berhak mengatur dan menetapkan siapa yang boleh diperangi dan siapa yang tidak boleh diperangi.

Semoga Alloh swt memberikan petunjuk dan hidayahnya kepada kita untuk menjaga kita agar tetap di jalanNYA.Dan semoga Alloh swt mengampuni kesalahan kita semua, karena khilaf dan menerima taubat kita.Amin.

Satu Tanggapan

  1. Saya sebagai orang muslim juga sangat-sangat tidak tindakan mereka…, Lha klo mu bunuh diri ya pergi ke Israel..masuk ke gedung putih dengan bawa bom sebanyak2nya..hancurin tuh para kaum kafir..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: