>TrES-4, Planet Terbesar yang Baru Ditemukan


>

JAKARTA, Netsains– Planet terbesar yang pernah ditemukan kini muncul begitu saja. Bahkan secara teori, planet ini tidak pernah eksis. Planet yang diberinama TrES-4 ini 1,7 kali lebih besar dari Jupiter. Ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai bagian dari sub kelas planet dengan densitas rendah. Temuan ini akan dipublikasikan secara detail di isu teranyar Astrophysical Journal.

“Densitasnya hanya sekitar 0,2 gram per sentimeter kubik atau setara dengan kayu balsa,” jelas pimpjnan studi, Georgi Mandushev dari Lowell Observatory in Arizona. “Karena planet ini relatif lemah, maka terletak di bagian atas atmosfer.”
Massa planet yang cukup besar namun dentitasnya rendah ini secara anomali dikenal sebagai eksoplanet. Keberadaannya masih belum mampu dijelaskan dengan pemodelan-pemodelan terkini.
Menurut Madushev, TrES-4 bisa jadi lebih besar dari yang sesungguhnya. Ukurannya nyaris dua kali lebih besar dari Jupiter walau massanya lebih kecil. Sementara Edwar Dunham rekan Mandushev mengatakan, “TrES-4 memunculkan problem teori baru yang cukup baik dan menantang. Kami jadi memiliki hal baru untuk diselesaikan.”
Transit
Planet ini terletak sekitar 1400 tahun cahaya dari bumi. Orbitnya ada di sekitar bintang induknya yang hanya berjarak 3,5 hari. Sebuah tim astronom internasional menemukannya menggunakan teleskop-teleskop otomatis berjejaring yang disebut Trans-Atlantic Exoplanet Survey. TrES-4 dideteksi tertinggal dari bintang induknya yang bernama GSC 02620-00648. Teknik transit ini memungkinkan ilmuwan untuk mengkalkulasi ukuran planet.
“TrES-4 adalah planet terbesar yang pernah ditemukan sejak kami tahu ukuran sesungguhnya,” jelas Mandushev. “Bisa jadi ada planet lain yang lebih besar tapi kami belum bisa mengukur sebab planet-planet itu belum transit.”
Bintang induk TrES-4 sendiri juga objek yang tidak biasa sebab memiliki usia nyaris sama dengan matahari kita. Hanya lebih besar dan bahkan berputar lebih cepat.Matahari yang kita kenal selama ini diperkirakan bukan lagi objek terbesar di angkasa seperti yang disangka.
Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.
Kredit foto: ms-room.com.

Sumber : Syariful Anwar on Netsains.com

Satu Tanggapan

  1. I don’t even know the way I finished up right here, but I thought this put up was once good. I don’t understand who you are but definitely you’re going to a famous blogger should you aren’t
    already. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: