GAMBAR FOTO PETA LOKASI PULAU KOMODO Via Google Maps


Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara,di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape,lengkapnya di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.Tempat ini merupakan tempat habitat asli komodo, berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Jumlah spesies komodo yang tercata pada Agustus 2009, sekitar 1300 ekor komodo. Jumlah mereka keseluruhan sekitar 2500 ekor,Jika ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang.

Referensi : Wikipedia.org

Petunjuk Penggunaan Gambar :

+ = Zoom in
– = Zoom out
^ = Geser/gulir ke atas
v = Geser/gulir ke bawah
> = Geser ke kanan
< = Geser ke kiri
atau klik pada gambar tahan,…geser ke arah yang diinginkan.

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER CERITA ISLAMI MADRASAH DINIYAH KELAS 2


UJIAN AKHIR SEMESTER

MADRASAH KULIYYATUL ISLAMI

 

Mata Dirosah        : Cerita Islami                                                  Jam      : 16.15 – 17.00

Hari / Tanggal       : Senin, 14 Juni 2010                                       Kelas   : II

Pengampu             : Ibu Sofiah Hartati

Petunjuk :

  1. Berdoalah sebelum dan sesudah anda mengerjakan soal
  2. Dahulukan mengerjakan soal – soal yang anda anggap mudah
  3. Periksa pekerjaan anda sebelum anda berikan kepada pengawas

 

1)      Siapa nama Istri Nabi Muhammad yang paling muda?  Jawab : ………………………..

2)      Sebutkan 4 sahabat Nabi yang termasuk Khulafaur Rasyidin ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………

3)      Rasulullah SAW hijrah dari Makah ke Madinah bersama dengan sahabat ………………

dan di dalam perjalanan berhenti di Gua ……….

4)      Sebutkan Paman Nabi yang kalian ketahui? 2 saja

Jawab : …………………………………… ………..

5)      Sebutkan secara urut 5 Nabi yang pertama?

Jawab :………………………………………………………………………………….

6)      Apakah yang dimaksud dengan Assabiqunal Awwalun?Dan sebutkan siapa yang termasuk Assabiqunal awwalun?

Jawab :………………………………………………………………………………….

7)      Ada berapa putra – putri Nabi Muhammad?Sebutkan 3 yang kalian tahu?

Jawab :………………………………………………………………………………….

8)      Sebutkan Nabi – nabi yang diberi mukjizat berupa kitab suci? Sebutkan beserta kitabnya?

Jawab :………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………..

9)      Sebutkan 2 mukjizat Nabi Isa?

Jawab :………………………………………………………………………………….

10)  Perang Uhud terjadi dimana? Jawab :…………………………………………………..

 

 

KEMBALI KE :

DAFTAR SOAL-SOAL UJIAN DAN CCA

 

SOAL UJIAN SEMESTER GENAP MADRASAH DINIYAH TAJWID KELAS 3


PANITIA UJIAN

MADRASAH KULIYYATUL ISLAMI

Semester Genap Tahun Dirosah 2010

 

Mata Dirosah        : Tajwid                                                           Jam      : 16.15 – 17.00

Hari / Tanggal       : Senin, 14 Juni 2010                                       Kelas   : III

Pengampu             : Ust. Lukman

Petunjuk :

  1. Berdoalah sebelum dan sesudah anda mengerjakan soal
  2. Dahulukan mengerjakan soal – soal yang anda anggap mudah
  3. Periksa pekerjaan anda sebelum anda berikan kepada pengawas

Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar sesuai perintahnya !!!!

  1. I.       Pilihan Ganda
  2. Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al Quran disebut ilmu………………..
    1. Nahwu
    2. Shorof
  1. Tajwid
  2. Tauhid

 

  1. Huruf berikut yang merupakan huruf bacaan ikhfa adalah…………………….
    1. ي
    2. ن
  1. ص
  2. ب

 

  1. Apa hukum bacaan dari lafadz    مِنْ ربكم   ِ?
    1. Ikhfa
    2. Idgham bighunnah
    3. Idzhar
    4. Idgham bilaghunnah
  1. Apa arti bahasa dari idzhar?
    1. Samar
    2. Jelas
      1. Dengung
      2. Memantul
  1. Jumlah seluruh huruf bacaan iqlab adalah………………………
    1. 1
    2. 3
    3. 2
    4. 4
  1. II.    Soal Essay
    1. QS. Al Hasyr 21

لَوْ أَنزَلْنَا هَـذَا الْقُرْءَانَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَـشِعاً مُّتَصَدِّعاً مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ

  1. Tulislah kembali ayat Al Quran diatas!
  2. Apa hukum bacaan ayat Al Quran  yang bertandakan garis hitam diatas?
  3. Ada berapa hukum bacaan nun mati?Sebutkan dan jelaskan!
  4. Apa yang dimaksud idgham?Terbagi menjadi berapa idgham itu?Sebutkan dan jelaskan!
  5. Apakah kalian ketahui tentang huruf Qolqolah?Sebutkan huruf – huruf tersebut?
  6. Tulis kembali surat Al – Ikhlas?Apa saja hukum bacaan yang terdapat didalam surat tersebut?Untuk soal nomor 5 Silahkan boleh buka juz amma.

*God Luck*

KEMBALI KE :

DAFTAR SOAL-SOAL UJIAN DAN CCA

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MADRASAH DINIYAH FIQH,FIQIH KELAS III


UJIAN AKHIR SEMESTER

MADRASAH KULIYYATUL ISLAMI

 

Mata Dirosah        : fiqh                                                                Jam      : 16.15 – 17.00

Hari / Tanggal       : Selasa, 15 Juni 2010                                      Kelas   : III

Pengampu             : Ustadz Jindar Edi

Petunjuk :

  1. Berdoalah sebelum dan sesudah anda mengerjakan soal
  2. Dahulukan mengerjakan soal – soal yang anda anggap mudah
  3. Periksa pekerjaan anda sebelum anda berikan kepada pengawas
  1. Apakah islam itu?
  2. Apa yang diwajibkan seseorang sebelum melaksanakan shalat?
  3. Ada berapa fardhu wudhu? Sebutkan?
  4. Tuliskan niat wudhu?
  5. Apa yang dimaksud dengan hadas kecil?
  6. Sebutkan hal – hal yang membatalkan wudhu?
  7. Apa yang diwajibkan seseorang yang hendak melaksanakan shalat?
  8. Sebutkan macam – macam najis?
  9. Apa yang dimaksud aurat?
  10. Ada berapakah rukun sholat?

KEMBALI KE :

DAFTAR SOAL-SOAL UJIAN DAN CCA

[CERMUT] Cerita gak Mutu : Tidak sadar Ternyata pasang bendera Kebalik,Merah PUtih jadi Putih Merah


Kemarin pas tanggal 16 Agustus 2011 ada keadian yang aneh bin ajaib.minggu-minggu ini kan pas waktunya perayaan HUT RI ke 66 ,biasanya para warga masyarakat beramai-ramai memasang bendera untuk memperingati HUT kemerdekaan Indonesia.Mereka biasa memasang bendera di depan atau halaman rumah masing-masing tak terkecuali juga di rumahku,biasanya akulah yang selalu memasang bendera,namun kenapa kok waktu itu ibu saya sendiri yang masang benderanya,biasanya ibu menyuruh saya untuk memasang benderanya,namun ketika aku melihat ke halaman rumah,aku lihat kok benderanya sudah nangkring terpasang di sana, berarti ibu sendiri yang masang benderanya.

Nah pas besok sorenya ketika saya hendak keluar rumah,tiba-tiba ada tetangga family saya yang menegur begini,”Gus benderanya kebalik tuh??? Hah,kebalik ??setengah gak percaya kemudian aku cek,..eeeh…ternyata memang benar,benderanya masangnya kebalik,ha ha ha,…yang seharusnya merah putih malah menjadi putih merah…Bendera Polandia dong…he he he…

Sory,..Sory, maap gak sengaja,…kemudian segera aku betulin deh tuh bendera,…sambil mbetulin bendera,…akupun berpikir-pikir sejenak atas kejadian ajaib tersebut,kayak orang pinter bodo gitu padahal bangeet…aku berkata dalam hati “kok bisa ya kebalik ya ?kata orang bijak taat pajak sih biasanya setiap kejadian itu mengandung makna,hari ini memasang bendera ke balik apa ya maknanya ?setelah lama berpikir akhirnya dapat juga wangsit dari langit he he he,…halah lebay,…”Kesimpulannya versi hasil pikir-pikir nebak-nebak saya tadi lho,..oh ternyata sekarang Indonesia itu lagi pada kebalik ya orang-orangnya.Ketika sebagian besar rakyat menderita, pejabat malah banyak yang berfoya -foya,korupsi merajalela di mana-mana.Pantas aja benderanya kebalik,….Ini kayaknya sebuah simbol dan pesan,…!!

Berarti Indonesia belum merdeka nih lha wong benderanya aja kebalik,..
Kapan Indonesia merdeka dari Korupsi ya ?Kapan rakyatnya sejahtera,bebas merdeka dari kemiskinan dan sengsara ya ?Kapan para pejabat dan pemimpin kita bisa adil dan amanah ya ? 66 tahun, sebuah kemerdekaan ataukah hanya uforia ? …

DIRGAHAYU INDONESIAKU ….

GAMBAR FOTO LOKASI KERATON NGAYOGJOKARTO HADININGRAT Via Google Maps


Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti di tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan[2] yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton merupakan sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan)[4][5]. Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah pada tahun 1995 Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sumber Tulisan : Wikipedia.org

Petunjuk arah mengemudi ke Kraton, Yogyakarta

A. Dari Klaten

1. Ke arah selatan di Jalan Mayor Kusmanto menuju Jalan Andalas

220 m
2. Ambil belokan kiri ke-2 ke arah Jalan Veteran

240 m
3. Belok kanan menuju Jalan Veteran

2,0 km
4. Terus ke Jalan Doktor Soeradji Tirtonegoro

7,3 km
5. Terus ke Jalan Raya Yogya – Solo

12,7 km
6. Terus ke Jalan Laksamana Adi Sucipto

3,8 km
7. Belok kiri menuju Jalan Timoho

700 m
8. Terus ke Jalan Ipda Tut Harsono

1,5 km
9. Belok kanan menuju Jalan Kusumanegara

1,5 km
10. Terus ke Jalan Sultan Agung

550 m
11. Terus ke Jalan Senopati

400 m
12. Belok kiri menuju Jalan Brigadir Jenderal Katamso

1,5 km
13. Belok kanan menuju Jalan Mayor Jenderal Sutoyo

650 m
14. Belok kanan menuju Jalan Gading

180 m

B. Kraton
Yogyakarta

SOAL FIQIH KELAS 4 UNTUK MADRASAH DINIYAH


PANITIA UJIAN

MADRASAH KULLIYYATUL ISLAMI

Semester Genap Tahun Dirosah 2011

 

Mata Dirosah        : Fiqih                                                   Jam      : 16.15 – 17.00

Hari / Tanggal       :          ,     Agustus 2011                 Sifat    : Tertutup

Pengampu             : ……                                                     Kelas   : IV

Petunjuk :

  1. Berdoalah sebelum dan sesudah anda mengerjakan soal
  2. Dahulukan mengerjakan soal – soal yang anda anggap mudah
  3. Periksa pekerjaan anda sebelum anda berikan kepada pengawas

Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar sesuai perintahnya !!!!

  1. I.       Pilihan Ganda

 

  1. Berikut ini yang bukanmerupakan fardhu wudhu adalah………………..
    1. Niat
    2. Membasuh telinga
 
  1. Membasuh wajah
  2. Membasuh kedua kaki

 

  1. Dimanakah letak niat berwudhu ?
    1. Ketika membasuh kedua tangan
    2. Ketika berkumur
    3. Ketika membasuh wajah
    4. Sebelum berwudhu
 
  1. Apa hukum membasuh seluruh kepala dalam wudhu?
    1. Mubah
    2. Makruh
    3. Sunnah
    4. Wajib

 

  1. Istilah berikut ini adalah darah yang keluar dari farji, kecuali……..
    1. Haidh
    2. Nifas
      1. Istihadhah
      2. Darah kotor

 

  1. Lama waktu minimal keluarnya darah haidh adalah…hari
    1. 40
    2. 1
    3. 15
    4. 7

 

  1. Berikut ini yang merupakan sesuatu yang diharamkan bagi orang junub, kecuali….
  2. Berdiam diri di masjid
  3. Membaca Al Qur’an
 
  1. Thawaf

d. Senggama

 

  1. Berikut ini diharamkan bagi orang yang berhadats kecil, kecuali…
  2. Membaca Al Qur’an
  3. Thawaf
 
  1. Sholat
  2. Menyentuh Al Qur’an

 

  1. Berapakah jumlah rukun sholat ?
  2. 10
  3. 18
 
  1. 17
  2. 5

 

  1. Berikut ini adalah syarat wajib sholat, kecuali…..
  2. Niat
  3. Islam
 
  1. Berakal
  2. Baligh

 

  1. Sebutan bagi shalat sunnah yang dilaksanakan sesudah shalat wajjib adalah…
a. Qobliyah

b. Ba’diyah

 

 

c. Rawatib

d. Mutlaq

 

  1. II.                Soal Uraian

 

  1. Sebutkan niat :
    1. Wudhu
    2. Mandi besar
    3. Sebutkan rukun sholat (minimal 5) !
    4.  Apakah yang dimaksud dengan darah haidh ?
    5. Darah apa yang keluar dari farji perempuan setelah melahirkan ?
    6. Sudahkah anda melaksanakan shalat lima waktu secara rutin (jawab dengan jujur)?

Bagi yang sudah rutin apakah anda sudah melaksanakannya secara berjama’ah?

KEMBALI KE :

DAFTAR SOAL-SOAL UJIAN DAN CCA